JALIN PERSAHABATAN


Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Dalam pengertian ini, istilah "persahabatan" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi. Mereka juga akan berperilaku saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. ( wikipedia).
Namun, jangan salah sahabat bahwa pertemanan yang sejati adalah pertemanan yang mengajak pada ketaqwaan. Karena apa?. Sungguh orang orang yang bertemen untuk saling bertaqwa kepada Allah adalah mereka yang selalu ada dalam tali-tali Allah serta pertolongan maupun keridhoan-Nya.
Seperti dalam kutipan berikut: “Teman yang paling baik adalah apabila kamu melihat wajahnya, kamu teringat akan Allah, mendengar kata-katanya menambahkan ilmu agama, melihat gerak-gerinya teringat mati.”
Luar biasa bukan, suatu keindahan dapat berteman dan berkumpul bersama-sama seorang seperti ini. Teman yang paling utama adalah teman sesame muslim karena diantara mereka akan saling menjaga satu sama lain. Seperti pada dalam sebuah hadits menyebutkan bahwa :
“Seorang Muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak menzaliminya, merendahkannya, menyerahkan (kepada musuh) dan tidak menghinakannya.” (Hadis riwayat Muslim).
Dari hadits ini kita ketahui bahwa kita yang sesame muslim pasti akan saling memproteksi diri serta kawan kita ari sifat-sifat dzalim, merendahkan dan menghina teman maupun sesame muslim lainnya.
Dan jangan salah bahwa Allah memerintahkan kepada kita untuk bersama-sama dengan orang-orang yang benar agar kita semua dapat bertaqwa kepada Allah seutuhnya. Seperti dalam firman-Nya :
“Wahai orang yang beriman! Bertakwalah dan hendaklah kamu bersama-sama orang yang bersifat benar.” (Surah at-Taubah, ayat 119)
Atas dasar tersebut, mari kita selaku seorang muslim membangun pertemanan dan persahabatan atas dasar-dasar yang benar agar menumbuhkan rasa ukhuwah diantara kita semua dan semoga kelah di yaumul akhir kita pun dapat berkumpul bersama dibawah bendera utusan Allah yakni Nabi Muhammad SAW. Aamiin.