Kamar Mandi Umum

Mandi, Cuci, dan Kakus (MCK), panggung rutinitas yang dilakukan setiap hari oleh manusia. Dewasa ini, kamar MCK nyaris tersedia di setiap rumah. Berbeda dengan tempo dulu, aktivitas MCK dilakukan bersama di sungai atau sumur umum. 




Sudahkah lihat sekitar kita? masih ada beberapa daerah di Indonesia yang belum bisa merasakan nyamanya memiliki kamar mandi sendiri di dalam rumah atau menikmati air bersih dalam setiap hari. Jalan Moh.Hatta barujul 3 no.blk 15 rt.02/rw.02 kel.Negarasari Kec.cipedes Kota Tasikmalaya. menjadi salah satu sorotan oleh tim relawan yayasan Mari Bantu bergerak untuk membuat kamar mandi umum.

Kamar mandi umum barujul telah 33 tahun di gunakan oleh masyrakat sekitar, 2 RT yang menggunakan kamar mandi umum secara bersama-sama,mereka harus mengantri sebelum subuh untuk mandi di kamar mandi umum, tentunya saat hari masih gelap suasana di sekitar kamar mandi  umum sudah sangat ramai dengan padatnya warga yang ingin menggunakan fasilitas yang tersedia saat ini.





Sawah yang berjarak 100m dari kamar mandi umum menjadi saluran air yang di gunakan oleh masyarakat untuk cuci dan kakus, air yang di dapat tidak cukup bersih airnya berwarna coklat keruh dan tidak layak untuk mandi dan di jadikan air minum bagi masyarakat sekitar. Penyakit kulit sering hinggap di beberapa anak-anak ataupun orang dewasa yang menggunakan fasilitas air tersebut, di karenakan air yang kotor dan sedikit tercemar dengan limbah sampah yang ada di selokan air yang menghubugnkan air sawah ke penampungan bak mandi umum.

Kamar mandi barujul berdiri di tanah wakaf yang di sumbangkan oleh warga mampu sekitar sana, saat ini yang di butuhkan oleh warga adalah berdirinya kamar mandi baru yang lebih layak pakai untuk mereka gunakan serta filter air baru untuk menyaring air dari sawah ke bak mandi umum agar lebih bersih dan memiliki air layak pakai, filter air yang di gunakan saat ini hanyalah filter air traditional dari serabut dan karung. Info lebih lanjut kamar mandi umum Barujul bisa menghubungi Kang Tetep atau Phanie yang sudah ada di wilayah Kamar Mandi umum Barujul. 085223381385 (Kang Tetep) / 085271492412 (Phanie).

Mari Bantu membuat kamar mandi umum dengan cara mentransfer donasi ke rekening :
atas nama Yayasan Mari Bantu.

Mandiri : 131 00131 24625
BNI : 4 222 5 333 9

Untuk konfirmasi silahkan klik tombol konfirmasi kemudian isi formulir dengan lengkap.

Donasi Untuk : Bantuan Sarana Umum
Konfirmasi Donasi


Ikuti kami di: