Allah Cemburu Kepada Makhluknya








Cemburu adalah perasaan tidak suka ketika kita melihat seseorang yang kita sayangi melakukan sesuatu yang kita tidak suka atau lebih memilih orang lain dibandingkan kita. Tahukah Anda bahwa Allah pun cemburu pada makhluk-Nya? Dalam haditsnya, Rasulullah SAW bersabda,
“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu cemburu; dan cemburunya Allah Ta’ala yaitu, apabila ada seseorang yang melakukan perbuatan-perbuatan yang diharamkannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Rasa cemburu Allah adalah ketika kita sebagai hamba-Nya melakukan perbuatan-perbuatan yang diharam oleh Allah. Ini membuktikan bahwa betapa Allah sangat mencintai kita sebagai hamba-Nya. Karena, bukankah rasa cemburu akan hadir ketika kita sangat mencintai seseorang?
Jika kita sadar akan semua yang telah Allah berikan pada kita selama ini, maka kita akan mengetahui betapa Allah sangat mencintai kita. Hingga Ia cemburu jika kita melakukan perbuatan-perbuatan yang diharamkan-Nya. Karena sesungguhnya Allah tahu, hal-hal yang diharamkan oleh-Nya adalah hal yang akan merusak diri kita sendiri. Allah hanya tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada diri kita. Allah hanya menginginkan kita bahagia, bahkan tidak hanya sekadar bahagia tapi sangat-sangat bahagia.
Setelah apa yang Allah berikan pada kita selama ini, masihkan kita ingin berbuat yang haram dan membuat-Nya cemburu?