Semuanya Butuh Proses





Ada yang tahu bagaimana cara memakan gajah? Sebesar apa pun gajah, orang dapat menghabiskannya. Bagaimana? Dengan cara memotong-motongnya menjadi serpihan-serpihan kecil terlebih dahulu.
Begitulah cara kehidupan kita ini dibangun, sedikit demi sedikit, setiap hari, selangkah demi selangkah, sepotong demi sepotong, lama-lama akhirnya menjadi sesuatu yang besar, yang mungkin pada awalnya tak terbayangkan bahwa kita akan mencapainya.
Sedikit uang yang ditabung setiap hari selama bertahun-tahun akan menbuat orang menjadi jutawan. Belajar setiap hari dengan rajin akan membuat orang itu menjadi ilmuwan. Dan segala usaha serta upaya yang kita lakukan setiap hari, sekecil apapun, pada akhirnya akan mengantarkan kita pada tempat yang kita inginkan, sesuatu yang kita tuju.
Di dunia ini tidak ada yang instan, semuanya membutuhkan proses. Semuanya membutuhkan langkah demi langkah untuk mencapainya. Perjalanan yang jauh dimulai dengan satu langkah. Kesuksesan yang besar dimulai dengan satu tindakan. Kekayaan yang berlimpah dimulai dengan satu rupiah. Jabatan yang tinggi dimulai dari jabatan yang terendah.
Semuanya membutuhkan proses dan langkah yang berkesinambungan. Satu langkah saja tidak cukup, karena satu langkah pertama harus disambung dengan langkah kedua dan seterusnya. Yang terpenting jangan berhenti melangkah.