Berbagi Mendatangkan Kebahagiaan






Ikhlas dalam memberi atau berbagi adalah memberikan harta, pikiran, tenaga, bahkan jiwa tanpa menharapkan sesuatu akan timbul kebahagian bagi diri kita sendiri dan orang lain. Berbagi dengan iklas adalah cara kita untuk memberikan atau menolong kepada yang membutuhkan. Karena dengan memberi ,kita akan memperkaya hidup kita sendiri. Semakin banyak anda berbagi semakin anda akan banyak menerima.

Saat kita memberi berarti kita akan menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain dan juga bermanfaat bagi diri kita sendiri.

Dengan memberi atau berbagi maka insya Allah akan timbul rasa kepuasan yang tak ternilai dalam diri kita.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ كَالَّذِي يُنْفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْدًا ۖ لَا يَقْدِرُونَ عَلَىٰ شَيْءٍ مِمَّا كَسَبُوا ۗ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.


Memberi itu berfaedah dimana saat kita memberi berarti kita meringankan atau membantu orang lain yang membutuhkan. Memberi itu indah artinya di saat kejadian kita memberi atau berbagi maka akan ada timbul perasaan indah di hati yang memberi dan di hati yang menerima. Memberi atau berbagi itu berkah dengan memberi akan ada berkah di dalammnya.

Ketika kita memberi kita akan mulia dihadapan Allah karena kita pasti menolong sesama. dan di hadapan manusia kita juga akan mulia karena kita mau berbagi dengan iklas ke sesama manusia. Dengan kita sering memberi berarti kita akan sering bersyukur.
Merupakan amal kita di dunia, ketika memberi maka itulah amal jariah yang menjadi amal kita dan akan kita terima nanti diakhirat.kita adalah Pribadi-pribadi yang senantiasa mempunyai rasa senang untuk berbagi.


Jadi banyak-banyaklah kita memberi dengan ikhlas maka kita akan siap untuk di minta pertanggung jawaban di hadapan Allah.