Sebab Menolong Jadi Ditolong


Kerap kali kita amat sangat menginginkan pertolongan serta rezeki dari Allah SWT. Namun ada beberapa hal yang kita tidak sadari. Bahkan, kita beranggapan apa yang kita dapatkan itu adalah dari hasil jerih payah kita sendiri. Padahal dari apa yang kita dapatkan itu ada beberapa sebab musabab yang dapat mendatangkan pertolongan serta rezeki dari Allah. Maka kita perlu mengetahui beberapa sebab yang mungkin bisa mendatangkan untuk kita pertolongan serta rezeki dari Allah buat kita. Dan hal ini biasa kita lakukan. Oke aku kasih tau nih salah satunya sahabat …..

Terlampau sering kita mendengar petuah-petuah yang berisikan bahwa “apa yang kita tuai hari ini, maka kelak kita akan menikmatinya”. Sampai ada kisah yang menceritakan seorang kakek tua yang menanam pohon dengan seorang saudagar kaya. Yang mana menceritakan bahwa buat apa sang kakek bersusah payah menanam pohon yang padahal nantinya dia tidak akan menikmatinya. Tapi sang kakek menjawab dengan bijaksana “ memang saya tidak akan merasakannya sekarang, tapi kelak ini akan menjadi penolong saya. Karena memberi manfaat kepada orang lain sejatinya adalah memberikan manfaat kepada diri kita sendiri”.

Maka jangan salah bila mana kita menolong dan membantu orang lain, sebenarnya yang kita tolong adalah diri kita. Karena itulah penyebabnya, apalagi yang kita tolonga adalah orang-orang yang lemah. Karena seperti sebagaimana Rasulullah -shallallahu 'alaihi wa sallam-, bersabda :

هَلْ تُنْصَرُوْنَ وَتُرْزَقُوْنَ إِلاَّ بِضُعَفَائِكُمْ
"Kalian hanyalah mendapat pertolongan dan rezeki dengan sebab adanya orang-orang lemah dari kalangan kalian".HR al-Bukhari (no. 2896)

Wah sudah jelas rupanya memang Allah menciptakan sesuatu itu berpasangan. Karena ada yang kuat disitulah sebabnya ada yang lemah. Dan sudah menjadi tugas kita untuk menolong yang lemah, dan tentunya Allah lah yang akan menolong kita nantinya.

Bahkan dalam hadits yang lain Nabi -shallallahu 'alaihi wa sallam-, juga bersabda :

إِنَّمَا يَنْصُرُ اللهُ هَذَهِ اْلأُمَّةَ بِضَعِيْفِهَا: بِدَعْوَتِهِمْ، وَصَلاَتِهِمْ، وَإِخْلاَصِهِمْ.
"Sesungguhnya Allah menolong ummat ini dengan sebab orang-orang lemah mereka di antara mereka, yaitu dengan doa, shalat, dan keikhlasan mereka". HR. an-Nasâ`i no. 2978

Subhanallah, pantas saja banyak dari kalangan yang lemah mendoakan secara diam-diam padahal dia berdoa dan shalat secara ikhlas yang mengakibatkan doa –doa mereka sangat mustajab. Sehingga kita ada dalam lindungan dan pertolongan Allah sebab merekalah yang mendoakan kita.

Maka jangan pernah berfikir merugi dan berfikir dua kali jikalau kita ingin menolong orang- orang yang lemah. Karena kita juga lemah dan tak akan berarti tanpa adanya mereka. Semoga apa yang kita lakukan kepada mereka menjadi wasilah buat kita mendapatkan rahmat Allah SWT.