Amalan Kecil Bernilai Besar








Allah SWT. berfirman, “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. Al Zalzalah [99] : 7-8)
Setiap perbuatan kita disaksikan oleh Allah SWT. Tidak ada yang kecil bagi Allah. Besar atau kecil, itu adalah bagi kita sebagai manusia. Bagi Allah, sama saja, setiap hal perbuatan diketahui oleh-Nya. Oleh karena itu, marilah kita menyibukkan diri dalam amal-amal kebaikan, termasuk amal-amal yang sepertinya kecil dalam pandangan manusia, namun besar dalam pandangan Allah SWT.
Kita lihat sebuah hadits shohih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim, sebuah hadits yang menceritakan tentang seorang wanita pezina yang saat melihat seekor anjing yang sedang kehausan. Kemudian wanita itu mengambil air dari sumur dengan menggunakan selopnya, lalu memberikan air itu kepada sang anjing sehingga ia bisa memenuhi dahaganya.
Apakah Allah mengetahui perbuatan wanita tersebut? Dalam hadits itu disebutkan bahwa kebaikan sang wanita itulah yang menghapuskan dosa-dosanya di hadapan Allah, sehingga ia pun memperoleh surga-Nya. Maa syaa Allah!
Hikmah dari kisah ini adalah betapa Allah SWT. itu menilai hamba-Nya sangat dalam, sampai kepada lubuk hati yang terdalam. Allah SWT. berfirman, “Sesungguhnya Allah mengetahui yang tersembunyi di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati.” (QS. Faathir [35] : 38).
Wanita dalam kisah tadi memang hanya menolong seekor anjing, binatang yang dalam syariat agama kita air liurnya najis. Namun, bukan itu poinnya. Poinnya bahwa wanita itu menolong seekor anjing yang juga sama-sama makhluk ciptaan Allah SWT. Wanita itu menolong seekor anjing yang bisa dikatakan hampir mati karena kehausan, dengan keikhlasan yang sempurna.
Sekilas dalam pandangan manusia, perbuatan wanita itu nampak remeh dan biasa saja. Namun, ternyata tidak demikian dalam pandangan Allah SWT. Maka saudaraku, marilah untuk senantiasa bersegera mengambil setiap kesempatan untuk beramal sholeh meski sekecil apapun amal tersebut dalam pandangan manusia. Yakinlah bahwa Allah Maha Mengetahui apa yang tersembunyi di dalam hati kita, dan tidak ada amal yang sia-sia di hadapan-Nya. WAllahua’lam