Kenapa Kita Diuji?









Al-Qur'an menjawab dalam surah al-Ankabut ayat 2-3). "Apakah manusia mengira bahwa mereka dibiarkan(saja) mengatakan kami telah beriman ,sedang mereka tidak diuji lagi.”
"Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang yang benar dan sesunggunya Dia mengetahui orang yang dusta.”
MENGAPA AKU TIDAK MENDAPATKAN APA YANG AKU IDAM-IDAMKAN
Alqur'an menjawabnya dalam surah al-Baqarah ayat 216)."Boleh jadi kamu membenci sesuatu,padahal ia baik untukmu dan boleh jadi(pula)kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk untukmu, Allah Maha mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.”
KENAPA UJIAN SEBERAT INI?
Al-Qur'an menjawabnya dalam surah Al-Baqarah ayat 286. "Allah tidak membebani seseorang selain sesuai dengan kesungguhanya.”
RASA PRUSTASI ?
Al-Qur 'an menjawabnya dalam surah Al-Imran ayat 139). "Janganlah kamu bersikap lemah, dan jabganlah(pula) kamu bersedih hati ,padahal kamulah orang-orang yang tinggi (derajatnya) jika kamu orang"yang beriman.”
BAGAIMANA AKU HARUS MENGHADAPINYA ?
Al-Qur'an menjawabnya dalam surah Al-Imran ayat 200. "Hai orang-orang yang beriman bersabarlah kamu dan kuatkanlah keberanianmu dan tetaplah bersiaplah siaga (diperbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.”
Jawaban Allah yang lain dalam surah Al -Baqarah ayat 45. "Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi yang khusyuk.”
APA YANG AKU DAPATKAN DARI SEMUA INI.?
Al-Qur'an menjawabnya dalam surah At -Taubah ayat 111. "Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan syurga untuk mereka.”
KEPADA SIAPA AKU BERHARAP?
Al-Qur'an menjawsb dalam surah At-taubah ayat 129. "Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawaqal dan Dia adalah yang memiliki arsy yang Agung.”
KU TAK DAPAT BERTAHAN LAGI
Al-Qur'an menjawabnya dalam surah Yusuf ayat 87. "Dan janganlah kamu berputus asa dari Rahmat Allah,Sesungguhnya tiada berputus asa dari Rahmat Allah melainkan orang kafir.”
Sahabat, sudah jelas semua pertanyaan yang ada dibenak kita hadapi Jawabanya ada pada Alqur'anul karim.
Dan selamat buat sahabat yang saat ini sedang diuji itu pertanda Allah sentiasa melihatmu, Allah sayang padamu, Allah ingin mrntarbiyah keimanan kita sentiasalah berfikir positif atas setiap dugaan dariNya.