Menumbuhkan Rasa Empati Terhadap Orang Lain






Memiliki rasa empati memang bukan hal mudah, terlebih ketika kondisi dalam keadaan sulit. Sebab untuk menunjukkan rasa empati, seseorang harus mampu membayangkan diri sendiri menjadi apa yang orang lain rasakan.
Seiring bertambahnya usia, rasa empati seseorang berubah sesuai dengan pribadi mereka. Namun bukan berarti empati tidak dapat ditumbuhkan kembali. Berikut lima hal yang bisa menumbuhkan rasa empati:
Pertama, Memiliki rasa ingin tahu
Orang yang memiliki rasa empati yang kuat adalah orang-orang yang memiliki rasa ingin tahu terhadap orang lain. Rasa ingin tahu memperluas empati seseorang saat berbicara dengan orang di luar lingkungan sosialnya, menghadapi hidup dan pandangannya terhadap dunia.
Kedua, Tidak berprasangka dan menemukan kesamaan
Orang-orang yang memiliki rasa empati yang kuat tidak mudah memberikan prasangka terhadap orang lain. Mereka justru menantang prasangka dan mencari kesamaan.
Ketiga, Mencoba menjadi orang lain
Pepatah pernah mengatakan, berjalanlah satu mil dalam sepatu orang lain sebelum Anda mengkritiknya. Memahami apa yang dirasakan oleh orang lain, membuat Anda mengerti mengapa mereka membutuhkan bantuan atau melakukan hal-hal yang tidak pernah terbayangkan.
Keempat, Mendengarkan dan bersikap terbuka
Jika ingin mengerti seseorang maka dengarkan dan lakukan semua yang mereka bisa untuk memahami keadaan dan kebutuhan emosional mereka. Setelah itu, ungkapkan perasaan Anda kepada seseorang untuk menciptakan ikatan empati yang kuat.
Terakhir, Manfaatkan media sosial
Jika selama ini Anda menggunakan media sosial untuk menulis keluh kesah maka kini saatnya mengubah media sosial sebagai alat menarik empati banyak orang.