Hidup Sebatang Kara Sampai Tua



Nenek Titi (65), hidup sendiri di rumah yang sederhana, di Kp. Cisalak RT/RW 04/10 Kel. Cisalak, Kec. Cibeureum Kota Tasikmalaya. "Hatur nuhun nini atos dilongok" (Terimakasih nenek sudah dijenguk), Itulah kalimat yang sangat singkat keluar dari nenek Titi.



Walaupun memang tak jelas tanggal lahirnya, nenek Titi mengaku jika dirinya sekarang ini telah berusia 65 tahun. Pada usia yang sudah tua dan ada keterbatasan dari dia (Tuna Netra).

Kehidupan Nini Titi nampak sangat memprihatinkan dan bikin haru, Nenek Titi pun harus menjalani semua masa hidupnya dengan semua keterbatasan karena tidak menemukan pasangan hidup dan tak mempunyai saudara.

"Maaf nak, nenek tidak bisa menyuguhkan makanan, dan rumah nenek juga yah, seginih adanya" kata nenek Titi seraya mengelus dada.

Sekarang ini, untuk sekedar makan sehari-hari, Titi hanya bisa mengandalkan belas kasihan dan bantuan dari para tetangga terdekat rumahnya. Apabila tidak ada bantuan, nenek Titi terpaksa menahan lapar atau berpuasa.

Namun raut wajah tidak meyiratkan kesedihan, akan tetapi dia terus bersyukur atas pemberian takdir yang diamanahkan padanya.