Mari Bantu Tasikmalaya Selatan



Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tasikmalaya sepanjang hari Minggu (11/10) malam hingga Senin (12/10) dini hari, mengakibatkan 11 Kecamatan dilanda banjir dan longsor. Dampaknya, akses jalan kabupaten, kecamatan, desa termasuk rumah warga tertimpa longsor dan terendam banjir.

Bahkan, seorang lansia (kakek) warga Desa Malatisuka Kecamatan Gunungtanjung meninggal dunia akibat rumahnya tertimpa material longsor. Koordinator Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adi Setya menerangkan, untuk data sementara bencana alam yang dihimpun TAGANA, banjir dan longsor terjadi di 11 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya akibat hujan intensitas tinggi.

Tanah longsor terjadi di Kecamatan Parungponteng di dua desa Karyabakti dan Cigunung yang mengakibatkan akses jalan tertutup, dua rumah terkena longsor dan lainnya terancam. Kemudian, lanjut dia, banjir di Desa Girijaya Kecamatan Bojongasih yang mengakibatkan akses jalan dan rumah warga terendam. Longsor di Desa Mandalawangi Kecamatan Salopa yang menutup akses jalan raya Gunungtanjung-Salopa. Banjir di Kecamatan Cipatujah di Desa Bantarkalong yang menyebabkan jalan dan rumah permukiman warga terendam.

Banjir di Kecamatan Sodonghilir Desa Sepatnunggal yang merendam akses jalan dan pemukiman warga, hingga akses jalan desa terputus. Termasuk di Desa Cukangkawung longsor melanda hingga merusak dua rumah milik warga. Selanjutnya, longsor di Desa Ciwarak Kecamatan Jatiwaras menyebabkan beberapa rumah warga mengalami rusak sedang dan lainnya terancam. Longsor di Desa Sirnajaya Kecamatan Sukaraja mengakibatkan beberapa rumah terkena material longsor.

Longsor di Desa Sukamaju Kecamatan Bantarkalong yang menutup akses jalan desa. Kemudian longsor di Desa Cibalanarik Kecamatan Tanjungjaya tiga rumah terkena material longsor. Banjir di Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal yang menyebabkan akses jalan desa dan pemukiman warga terendam sebagian. “Dan longsor di Desa Malatisuka Kecamatan Gunungtanjung satu orang warga dilaporkan meninggal dunia dan satu rumah rusak tertimbun,” kata Jembar, Senin (12/10). Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin mengatakan secara keseluruhan bencana banjir dan longsor yang terjadi di beberapa titik kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya skalanya sedang dan menengah.

Kebutuhan Darurat untuk Korban Banjir :
- Makanan Siap Saji
- Alat Kebersihan
- Obat-Obatan
- Perlengkapan Bayi
- Sembako
- Selimut & Alas Tidur

Transfer Donasi :
- Bank Mandiri: 131 00131 24625
- Bank BCA: 05 409 55999
- Bank BRI: 010001002051302
- Bank BNI: 4 222 5 333 9
- Bank Muamalat 151 00500 00
atas nama Yayasan Mari Bantu

Konfirmasi ke 081615992703 WA/SMS