Menunjukan Jalan Pada Orang Yang Tersesat





Saling menolong adalah tindakan yang sangat terpuji. Seorang muslim dapat menolong orang lain dalam berbagai bentuk. Menolong tidak harus dengan materi.

Dengan bermodal lisan saja bisa mendatangkan pahala, salah satunya adalah menolong orang yang tersesat di jalan. Orang yang tersesat di jalan raya adalah orang yang tidak tahu ke mana harus melangkahkan kaki untuk tiba di tempat yang menjadi tujuannya. Hal ini sering dialami oleh pengguna jalan, terutama yang berasal dari luar daerah.

Dalam islam, kebaikan bisa dipungut dimana saja, termasuk ketika memberi informasi yang benar kepada seorang pengendara atau pengguna jalan raya. berilah info yang benar dan menyenangkan saat ditanya oleh orang yang tersesat di jalan sebab hal itu termasuk sedekah.

Seorang sahabat yang tidak memiliki apa pun untuk disedekahkan bertanya, "jika kami ingin bersedekah namun tidak memiliki apapun, apa yang bisa kami sedekahkan dan bagaimana menyedekahkannya?" Rasulullah saw., bersabda, "Senyum kalian bagi saudara kalian adalah sedekah. Amar makruf dan nahi mungkar yang kalian lakukan untuk saudara kalian juga sedekah. Menunjukan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah." (HR. Tirmidzi)

Jadi, bersedekah bukan hanya dengan menggunakan uang atau materi, melainkan bisa dengan memberikan informasi yang dibutuhkan orang lain.