Monster Sampah

"Sampah" mendengar kata sampah pasti sudah tidak asing.Banyak bisa kita lihat sampah berserakan di jalan atau depan rumah.Namun adakah solusi untuk mengurangi jumlah sampah tersebut? menurut data terupdate jumlah sampah di Indonesia mencapai 73 ton dalam per tahun.Tentu angka yang besar di sebabkan jumlah penduduk Indonesia yang cukup banyak.



Sampah rumah tangga menjadi kelompok paling terbanyak.mulai dari bekas makanan atau plastik-plastik bekas belanja.Sampah-sampah itu memang di daur ulang namun belum ada solusi yang menjajikan.Agar sampah Indonesia semakin berkurang.Teringat dengan peristiwa longsor TPA Leuwigajah yang menghapus dua desa dalam peta dan memakan 157 jiwa.Longsor Leuwigajah adalah longsor sampah yang bertumpuk.Sampah yang sudah menjadi Monster,membesar karena manusia menambahkan sampah setiap hari.



Berawal dari kepedulian,Kang Rido pria asal brebes.Memulai aksi demi aksi untuk menyadarkan masyarakat Indonesia.Agar lebih peduli terhadap lingkungan.Kang rido bercita-cita agar sampah di Indonesia jauh lebih berkurang dari sebelumnya.Kang Rido menggelar aksinya bersama komunitas RSBS yang ia bangun.Bersama para relawan sukarela Kang rido gencar aksi kemanapun.
Diet kantong plastik menjadi menjadi subjek utama dalam komunitas RSBS.Mengapa harus diet kantong plastik? Bisa kita bayangkan ketika kita belanja di warung.pasti kita mendapatkan plastik.Plastik itu akan makan plastik lagi.Plastik besar memakan kantong plastik kecil dan seterusnya.Maka di rumah pun akan bertumpuk plastik-plastik bekas dari warung.Plastik yang di dapat bisa di pakai lagi atau lebih banyak plastik di buang ke tempat sampah.



Daur ulang plastik yang cukup lama membuat plastik ini mejadi masalah utama.sampah terbanyak pun di hasilkan oleh plastik dari limbah rumah tangga.29-September-2015,Kang rido  berkunjung ke Rumah Yatim Indonesia yang termasuk konsorsium yayasan MariBantu.Kang rido memperkenalkan dan menunjukan kepada anak-anak Rumah Yatim Indonesia.Tentang bencana sampah di Indonesia dan memberikan solusi bagaiman cara meminimkan sampah yang ada di lungkungan sekitar.
Anak-anak Rumah Yatim Indonesia juga di berikan arahan untuk diet kantong plastik.Serta di beri pelatihan khusus untuk membuat tas kain.Agar ketika anak-anak belanja tidak lagi memerluka kantong plastik.Mereka cukup membawa kantong kain yang mereka buat sendiri.Acara ini berlangsung cukup lama. Anak-anak Rumah Yatim Indonesia pun asik menyimak pelajaran demi pelajaran yang di dapat.
Kegiatan RSBS dalam waktu dekat ini adalah akan ada aksi relawan Nyakar Goes To School and Goes to society,melakukan penyuluhan,pembinaan,pencegahan dan penanganan sampah.



Kang Rido ingin mengajak relawan yang mempunyai kepedulian lingkungan untuk bergabung ke dalam komunitas RSBS.Open recruitmen relawan pun sedang di buka. RSBS membuka peluang relawan sebagai berikut: 6 relawan,educator,creative team,jurnalist,social media operator,public relation,participant,Photographer,Videographer,Editor,Music and theater.

Wujudkan kreasi mereka dengan cara mendafatar menjadi relawan RSBS .
Dengan cara :
-follo IG: @komunitasrsbs
-call center : 085229762676 (kang rido)
                  :085271492412  (phanie)









Ikuti kami di: